Jakarta Consulting Firm
 +62 21 7279 0338
info@provalindonusa.com
  • Follow

news

News

Apartemen Jadi Pesona Properti Baru di Semarang

Pertumbuhan Penduduk Makin Pesat, Apartemen Jadi Pesona Properti Baru di Semarang

Pesatnya perkembangan di Kota Semarang menjadikan kota ini sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia. Perkembangan tersebut selanjutnya berdampak pada pertumbuhan ekonomi global di Kota Semarang sehingga menjadi daya tarik dan turut menyerap kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup banyak, bahkan dari kota-kota lain di sekitarnya. Kebutuhan akan SDM tersebut membuat arus perpindahan penduduk menuju Kota Semarang sangat tinggi sehingga berdampak pada meningkatnya angka kepadatan penduduk. Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang sedemikian pesatnya, permasalahan muncul akibat pertumbuhan penduduk berbanding terbalik dengan ketersediaan lahan di Kota Semarang yang semakin terbatas. Namun di sisi lain, pertumbuhan penduduk tersebut juga dapat menjadi stimulan bagi kemajuan kota yang ditandai dengan pembangunan berbagai aktivitas-aktivitas baru, salah satunya adalah pembangunan properti komersial.

Pertumbuhan properti di Kota Semarang terus mengalami peningkatan yang cukup pesat pada beberapa tahun terakhir, ditandai dengan mulai banyak dibangunnya gedung-gedung baik hotel maupun apartemen. Apalagi mengingat bahwa Kota Semarang merupakan ibukota Provinsi, menjadikan kota ini semakin diminati untuk dijadikan sebagai lokasi investasi, khususnya investasi properti. Investasi di bidang tersebut merupakan investasi jangka panjang dan akan bertumbuh sejalan dengan pertumbuhan ekonomi serta merupakan salah satu investasi yang menjanjikan. Hal tersebut dapat menarik minat investor dikarenakan kenaikan harga tanah dan bangunan yang cenderung mengalami peningkatan dan ketersediaan lahan yang semakin terbatas sedangkan demand yang selalu meningkat seiiring dengan pertumbuhan penduduk.

Selain didorong oleh pertumbuhan kota sebagai pusat aktivitas, perkembangan properti khususnya apartemen di Kota Semarang juga disebabkan oleh perubahan gaya hidup dan meningkatnya daya beli masyarakat dengan populasi yang mencapai dua juta jiwa. Perkembangan apartemen di Kota Semarang dimulai pada tahun 2011 yang salah satunya ditandai dengan pembangunan Mutiara Garden dan diikuti dengan beroperasinya Star Hotel dan Apartemen di akhir tahun 2012. Saat ini di Kota Semarang sudah banyak bermunculan berbagai proyek-proyek pembangunan apartemen, mulai dari apartemen untuk kalangan menengah hingga atas, seperti The Pinncale dan Marquis de Lafayette yang dikembangkan oleh PT Pollux Properties dan Sentra Land yang terletak di dekat pusat kota.

Selain mengembangkan proyek apartemen di dekat pusat kota, pengembang juga membidik kawasan Semarang Atas untuk pembangunan apartemen dengan melihat peluang dari peningkatan jumlah mahasiswa di kawasan tersebut setiap tahunnya. Hal ini juga didorong dengan tingginya kebutuhan akan tempat tinggal sementara untuk mahasiswa namun tidak sebanding dengan ketersediaan lahan, sehingga apartemen menjadi salah satu solusi. PT PP Properti merupakan salah satu pengembang yang mengembangkan proyek apartemen di kawasan Semarang Atas Tembalang, yaitu pembangunan Apartemen Alton yang sudah mencapai 50 persen penjualan dalam waktu kurang lebih satu tahun. Selain itu juga terdapat Apartemen Tamansari Cendekia oleh PT Wika Realty dan Paltrow City oleh PT Adhisatya Group.

(rdn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  Join Our Newsletter