Jakarta Consulting Firm
 +62 21 7279 0338
info@provalindonusa.com
  • Follow

news

News

Potensi Pengembangan dan Revitalisasi Kawasan Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta atau Batavia Lama (Old Batavia) terletak di Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat. Wilayah ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka). Kota Tua Jakarta di masa lalu merupakan kota rebutan yang menjadi symbol kejayaan bagi siapa saja yang mampu menguasainya. Pada abad ke-16 wilayah ini dijuluki “Permata Asia” dan “Ratu dari Timur” oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk Benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah.

 Kawasan Kota Tua menyimpan nilai sejarah tinggi, berbagai peninggalan masa lampau masih dapat dijumpai di kawasan Kota Tua ini. Kawasan Kota Tua memiliki beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi, seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik dan Toko Merah. Salah satu daya tarik utama Kawasan Kota Tua adalah ciri khas arsitekturnya dikarenakan kawasan yang masih belum banyak berubah, seperti zaman penjajahan Belanda dahulu.

Saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mengupayakan untuk menjadikan Kota Tua sebagai salah satu warisan dunia (world heritage) dari UNESCO. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta saat ini terus melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan daya tarik Kota Tua sebagai destinasi wisata unggulan kota Jakarta diantaranya:

  • Pemugaran fisik beberapa gedung Museum Sejarah Jakarta.

  • Penataan Plaza di Kawasan Kota Tua melalui perbaikan prasarana dan sarana di area plaza, didukung oleh Konsorsium Kota Tua. 

  • Relokasi dan penertiban pedagang kaki lima sekitar taman Fatahilah. 

  • Penyelenggaraan event untuk menyemarakkan kegiatan kepariwisataan di Kota Tua.

  • Mengintegrasikan jalur wisata dengan angkutan umum/shuttle bus. 

  • Proses pengusulan kepada Gubernur untuk pemeringkatan sebagai kawasan cagar budaya tingkat Provinsi yang akan ditindak lanjuti dengan pengusulan sebagai kawasan cagar budaya dunia kepada UNESCO. 

Dalam rangka merevitalisasi fungsi Kota Tua Jakarta, pemerintah dan berbagai stakeholder terkait bekerjasama dengan mendirikan PT Pembangunan Kota Tua. PT Pembangunan Kota Tua Jakarta diluncurkan bersamaan dengan Kelompok Pelestarian Kota Tua Jakarta yang nantinya akan berfungsi mengembangkan Kota Tua Jakarta dengan melakukan revitalisasi.

Program revitalisasi Kota Tua yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dan konsorsium BUMN dan pihak swasta melibatkan para pakar antara lain Sofyan Djalil sebagai penasihat bidang hubungan kelembagaan Sofyan Djalil, penasihat bidang seni rupa dan museum Oei Hong Djien, penasihat bidang arsitektur dan heritage Han Awal, dan lain-lain. Dalam jangka waktu enam bulan, target dari konsorsium tersebut adalah merevitalisasi Museum Fatahillah, selesai melaksanakan re-adaptive usage dari Kantor Pos Fatahillah untuk dijadikan visitor center dan Jakarta Museum of Contemporary Art serta mengadakan Fiesta Kota Tua di fatahillah Square berupa public performance, food festival, dan pesta rakyat.

(ALS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  Join Our Newsletter